AKRAB DI UDARA, RUKUN DI DARAT, IMAN DI HATI

Wednesday 25 June 2014

IC FINAL S-AV17 DAN SC1091

Pernah menggunakan perangkat radio komunikasi pasti sudah pernah dengar kata atau istilah final, mungkin saat berkomunikasi atau sedang memperbaiki perangkat radionya ketempat service, begitu juga dengan S-AV17 atau ada yang sebut dengan SAV17, S-AV17 merupakan final RF penguat akhir yang banyak dipergunakan pada beberapa radio dengan daya pancar 50 Watt. 

S-AV17 hampir sama daya dan bentuknya dengan final SC1091, penguat akhir yang bekerja pada band vhf ini tergolong sangat kuat dan paling banyak dicari, jika final rf ini rusak memungkinkan keadaan radio hanya bisa monitor (recieve / standby) mendengarkan dikarenakan tidak bisa melakukan transmit. 

Final RF SC1091 / SAV17, beberapa perangkat radio komunikasi VHF, menggunakan penguat akhir (final rf), SC1091 atau SAV17 seperti pada radio kenwood tm 261,241, dan masih banyak perangkat radio band vhf liannya yang menggunakan final toshiba SAV-17, sebagai penguat akhir dengan power 50Watt. 

Mungkin saja anda mempunyai perangkat radio dengan menggunakan final RF S-AV17 / SAV17 atau SC1091, rusak dan tidak bisa transmit, semoga dengan tulisan singkat di situs duniakomunikasi tentang penyebab final SAV17 rusak dapat memberikan tambahan infrormasi. 

Penyebab Rusak, Putus-nya SAV17 
Penyebab rusak atau mati-nya final RF Toshiba SAV-17, dikarenakan beberapa hal : 

  1. Jalur di final terputus 
  2. Tegangan dari Power Supply Berlebih 
  3. Impedansi antena tidak matching 

Didalam final SAV17, SC1091 terdapat beberapa rangkaian driver, dan penguat akhir dilengkapi dengan beberapa komponen lainnya, untuk menghubungkan setiap komponen tersebut ada jalur-jalur kecil, jalur tersebutlah yang putus lihat gambar dibawah ini. 


Apa yang membuat pancaran radio menjadi lebih kuat ? 
VHF RF Power Amplifier Modul 50Watt S-AV17 final RF SAV17 sering sekali dijumpai dibeberapa radio kenwood seperti TM 241,261 sedangkan pada radio icom biasanya menggunakan rf power modul SC1091,SC1019, 


Beberapa sumber mengatakan dan berdasarkan pengalaman final RF SAV17 bisa diperbaiki, final rf modul S-AV17 tersebut mempunyai daya yang cukup besar hingga 50 watt dengan rf input 600mW, dengan kuat Arus 14 Ampere, penyebab umu rusaknya final rf disebabkan suhu panas yang berlebih sehingga jalur peghubung yang terdapat didalam modul tersebut terlepas timah-timahnya melebur dikarenakan panas yang mengakibatkan rangkaian didalamnya tidak dapat bekerja berikut kutipan dari www.repeater-builder.com.

Di dalam modul final ada beberapa jalur tipis yang dilapisi dengan timah dan bagian tersebutlah yang biasanya putus dikarenakan suhu panas yang berlebih coba periksa jalur-jalur yang terdapat didalam rf final modul tersebut jika ada yang putus sambung dengan menggunakan timah solder. 

Final RF FM Power Modul SAV17, dan SC1091 berbicara perbedaan antara S-AV17 dan SC1091 secara kasat mata memang hampir sama hanya label pada covernya saja yang berbeda sedangkan daya out (watt) yang dikeluarkan hampir sama. 

Gambar diatas merupakan skema rangkaian dari RF Modul untuk S-AV17 dan SC1091, ada dua kali penguatan (amplifier), perbedaannya mungkin terdapat pada nilai capasitansi C dan nilai lilitan Henry antara SC dan SAV. 

Grafik besar daya keluar Watt Output berdasarkan besaran masukan yang diberikan pada RF modul tersebut. Silahkan donwload dan lihat datasheet S-AV17 disini atau datasheet SC1091 disini sebagai tambahan refrensi dan pengetahuan untuk RF modul SAV17